Monday, June 11, 2018

Mencoba kembali belajar Musik, Gitar dan seputar Audio Recording dari nol

https://www.youtube.com/watch?v=At44U2nVZo4&list=PLV8hSudtv_RKINf1FjgNCBYw4yL9bOsFd

Dalam beberapa bulan atau minggu terakhir ini saya banyak mengisi kegiatan dengan mengikuti beberapa workshop bertemakan musik. Sebagai orang yang pernah lama bermain musik di gereja dan sempat ngerasain manggung bareng band, saya menyadari saya agak telat belajar gitar dan musik secara utuh. Faktor otodidak dan emng ga pernah ketemu musisi beneran bikin saya terlalu puas/nyaman dan sekarang akhirnya sadar ternyata saya bener-bener buta soal musik.

Menjadi musisi, atau sebagai gitaris ternyata ilmu yang harus diulik lumayan banyak, ga cuma gara-gara ngerasa uda punya feeling, tau chord dan tau cara genjreng yang bener lantas menjadikan kita gitaris yang baik. Ternyata banyak hal lain yang saya masih ga ngerti, yaitu pengetahuan tentang alat itu sendiri, gitar tuh ternyata macem-macem, kudu mesti tau part2 gitar, jenis2 kayu dan senar gitar, belom lagi kalo uda bicara soal peralatan pendukung gitar seperti efek, ampli dan berbagai istilah lain di bidang audio, ternyata mumet dan saya benar-benar merasa telat, mulai dari awal lagi dah.

Buat temen-temen yang emang seneng main musik, terus lama ga main musik, pasti ada rasa yang kurang dengan kesehariannya. Saya sering tiap kali liat orang manggung, di mall atau di tv, kadang suka merinding dan suka kangen bisa ngerasain momen itu lagi.

Apalagi setelah saya pindah ke Jakarta, dan ga punya temen main musik sama sekali, rasanya kangen banget bisa aktifitas musik lagi, bahkan berharap bisa bermain musik secara profesional juga (amin). Selama ini cuma bisa follow beberapa musisi dan lihat kegiatan bermusik mereka. Kadang bikin kepengen juga. Untungnya di Jakarta ini banyak banget event / komunitas yang bikin kita punya kesempatan itu, syaratnya kita berani join aja, walopun mungkin ga kenal siapa-siapa.

Dan ini beberapa event yang saya beranikan untuk gabung, bener-bener ga ada yang kenal, tapi itu uniknya. Kalo kita ga beranikan diri ya mana bisa kecemplung, apalagi di event-event seperti ini kita bisa ketemu orang-orang hebat yang cuma bisa kenal dari karyanya aja.

1. Audio Camp 2018 / 12-13 Mei 2018

Konon, ini adalah event para pelaku dunia audio pertama di Indonesia yang konsepnya berupa camp, uda mirip retreatlah. Kebayang nginep semalam, terus sepanjang hari isinya sesi-sesi padat semua. Yang ngasih materi orang-orang hebat semua.

Tadinya saya agak ragu buat ikutan, secara saya masih bener-bener blank soal dunia audio, orang cuma tau mainin gitar akustik doank, jadi bener ga ngerti apa-apa aja bahasan seputar dunia audio, cuma ngikutin selintas sih, tau soal DAW semacam Pro Tools, Cubase, tapi ga tau cara ngoperasiinnya. Akhirnya sempet minta saran Pak Agus Hardiman dari Artsonica, beliau menyarankan ikut, akhirnya saya beranikan buat ikut, dan ternyata banyak ilmu yang saya dapet, terutama soal behind the scene sebuah lagu ketika diproduksi di studio. Memang benar karya bagus itu prosesnya ga gampang. Banyak perjuangan yang harus dilakukan sampai sebuah karya bisa didengar dengan baik, dan orang audio punya peran besar, selain musisinya itu sendiri.

Mas Lucky Aditya dari Betjakers Djaya, selaku penyelenggara event akbar ini. Dan ternyata masih satu kampus sama partner bisnis saya Bang @nandorang. Sama-sama kuliah di STT Tekstil Bandung, namun sukses berkarir di bidang audio. Punya studio recording namanya Starlight Musik.

Mas Daniel Samarkand, otak dibalik keberhasilan lagu Payung Teduh yang berjudul Akad. Salut untuk kisah inspiratif dibalik lagu fenomenal itu. Dan benar saja, proses pembuatannya ga mudah, rombak aransemen berapa kali dilakukan sampe akhirnya lagu itu bisa benar-benar dirilis.

Wih akhirnya ketemu Mas Levi, personil The Fly, yang lagunya bener-bener saya ulik. Salut, selain aktif ngeband, Mas Levi juga aktif membuat scoring film, bahkan juga mempunyai kemampuan untuk men-direct video klip, dan jago motret juga. Komplit bener mas.

Perlu diketahui speaker utama di workshop ini yang dua gede itu (Punyanya Mas Indra Q) harganya bisa seharga mobil lho, wedann kan. Cek aja harganya di sini. Makanya pas di event ini diputer lagu Via Vallen, pas lomba joget, bener-bener kerasa bersih dengerin lagunya. Bikin goyangg..

 


2. Belajar Pro Tools Gratis bersama @rioexondul / 2 Juni 2018
 

Awalnya liat repost story di akunnya Mas @mokoaguswan, kalo ada yang mau ngajarin protools gratis. syaratnya cuma DM aja, langsung aja saya kontak dan daftar. Udah gratis workshopnya, dapet makan pula lagi. Makasih banyak Mas Rio dan Bro's Studio.

Bro's Studio ini kalo ga salah dulu namanya Brotherland, ga tau kenapa jadi ganti nama. Tempatnya gede, parkiran luas banget, pantes banyak banget musisi gede rekaman disini.

Sekedar info, mas Rio ini bassist sekaligus Sound Engineer handal dari beberapa musisi hebat tanah air. Salah satu racikan terbarunya yaitu lagu Raisa yang berjudul Lagu Untukmu. Dan Bro's Studio tentunya adalah salah satu studio rekaman yang jadi tempat rekaman langganan musisi besar di Indonesia.



 2. Ngabuburiff Para Guitar Freaks bareng Gitaris Teman Semua / 8 Juni 2018





Akhirnya kesampean ikut eventnya Gitaris Teman Semua, setelah berbulan-bulan sering mantengin instagram mereka. Komunitas ini cukup aktif, selain bikin event reguler, mereka juga sempat membuat karya bareng-bareng, sebuah lagu yang judulnya "Pilihlah Gitar". Komunitas ini digagas oleh gitaris favorit saya Denny Chasmala dan Endah Widiastuti dari EndahnRhesa.


Sebetulnya uda lama diajakin temen saya si Tino ( gitaris Jumper FI ) buat ikut event mereka, cuma lokasinya lumayan jauh juga. Dan akhirnya bisa dateng karena yg sekarang ini eventnya masih bisa dikejarlah, yaitu di Fatmawati, di Guitar Freaks Jakarta.

Pertama dateng ke lokasi, maklum ga semua kenal. Pas lagi mau ke toilet dan nunggu orang keluar, tau-tau ada Mas Denchas lewat, dan dia nyapa dan nyalamin duluan, gilee humble banget ni orang, padahal dewa musik nih. Dan yang paling saya inget, pas malemnya ngantri konsumsi, terus duduk di tempat masing-masing, tiba-tiba ditepuk Mba Endah, dianterin minuman, padahal saya udah ambil minum, mungkin dipikirnya belum dapet. Gilee pada baik-baik gini orangnya.

Di event ini semua penampil perform dengan genrenya masing-masing. Suasananya cair, kita yang nonton bener-bener enjoy liatnya. Ada beberapa diskusi juga seputar alat, diantaranya Ampli Yamaha THR Series, ampli kecil tapi suaranya bikin bergetar. Juga bahas efek digital dari Yamaha, Line 6 Helix.

Dan beberapa instrumen yang dipakai menggunakan gitar Yamaha, diantaranya Gitar Akustik Yamaha FG Series dan gitar elektrik juga yang tipenya saya kurang hafal. :D

Mungkin suatu hari kalo ada kesempatan, pengen banget beli gitar akustik Yamaha ini. Bunyinya nyaring, asoy dah.

Ga percaya?

cek aje video dibawah




Gilee bener dah skillnya Rio Clappy, Vega Antares, dan vokalnya Mba Endah.. saluts





No comments:

Post a Comment