Monday, May 7, 2018

Mendesain Jersey untuk Hari Ulang Tahun Bank Mega ke-49

Mendesain adalah sebuah kegiatan yang membanggakan, bangga ketika melihat desain itu dieksekusi dan dirasakan banyak orang.

Sebetulnya tidak ada yang terlalu istimewa untuk kerjaan saya ini, ini adalah desain saya untuk pesanan dari Bank Mega melalui konveksi greaclogo yang saya jalankan bersama partner saya Bang Fernando Situmorang.

Pekerjaan desain di konveksi sebetulnya hanyalah sebuah pelengkap jasa saja, toh yang dibayar klien hanya jasa produksinya aja, tapi biar kece tetep butuh sentuhan orang desain atau bisa disebut tukang setting kalo dalam skala pekerjaan receh.


Receh, karena dari segi desain ya memang minim konsep, ga terlalu dipikirin konsepnya, tapi tetep butuh proses yang makan waktu karena butuh bulak balik revisi, begitulah revisi, ganti warna atau ganti garis aja tetep butuh waktu kan.

Brief dari klien cuma pengen mirip jersey timnas Jerman, jadilah diambil unsur visual paling mencoloknya yaitu garis di bagian dada, sisanya ngatur kombinasi paling cocok sama logo Bank Mega.



Jadi, yang paling saya suka dari kegiatan mendesain adalah ketika desain saya itu diproduksi dalam jumlah banyak dan banyak yang menikmatinya. Jadi inget jaman awal-awal pengen masuk kuliah desain (walopun akhirnya masuknya Seni Murni) adalah karena desain itu bisa diproduksi tak terbatas. Beda dengan karya seni yang cuma bikin satu doank. Kebanggaannya ya cuma bisa liat karya saya ini ada dimana-mana. Tapi itu semua bisa terwujud kalo kebetulan dapet proyek yang emang dari segi kuantiti produksinya besar. Nah buat proyek ini jersey yang dibikin sampe 700an pcs tuh. Lumayan bikin bangga liat ratusan orang berkumpul pake desain yang saya bikin.

Sayangnya desain dibayar sekali saja, ga bayar per-kuantiti. haha




Dulu malah pernah bikin desain buat salah satu clothing di Jakarta, jaman itu dibayar 35rb buat 1 desain. Harga segitu karna dapetnya bukan langsung ketemu klien, tapi lewat semacam calo gitu. Iseng2 aja sih, cari pengalaman.

Sampe beberapa taun kemudian baru nyadar ternyata desain ini sempet nongol lama di sebuah adegan film lokal, yaitu XL (Extra Large) yang dibintangi Jamie Aditya. Ada di bagian ending film itu. Saya sendiri ga pernah nonton filmnya, jadi ga tau, cm liat pas ada iklan film ini di TV, selintas gitu. Dan baru nyadar ternyata muncul di semua bioskop, lumayan lah bikin bangga. hahaha






No comments:

Post a Comment